Minggu, 12 Mei 2013

Implementasi Cloud Computing Dalam Bidang Kedokteran

Pada bidang kedokteran di Indonesia saat ini bisa dibilang cukup memprihatinkan. Kenapa cukup memprihatinkan ? mungkin banyak jawaban dari pertanyaan saya saat ini. Mungkin ada yang menjawab tenaganya tidak profesional, tidak meratanya penyebaran tanaga dokter, mahalnya biasa kesehatan dan masih banyak lagi. Tapi sebenarnya ada beberapa topik yang bisa diambil dari alasan alasan itu yang berhubungan dengan cloud computing dibidang kedokteran. 

Salah satu alasannya yang mungkin berhubungan dengan cloud computing adalah kurang meratanya penyebaran tenaga dokter. Dan dengan adanya cloud computing ini kita bisa sedikit menutupi alasan ini. Bagaimana bisa ? tentu bisa. Dengan adanya cloud computing kita tidak perlu pergi ke tempat dokter yang mungkin jauh dari tempat tinggal kita. Kita bisa menggunakan sebuah teknologi yang disebut telemedicine yaitu pelayanan bidang kesehatan jarak jauh. Telemedicine bisa disebut juga transfer data medis elektronik dari satu lokasi ke lokasi lainnya via online jadi pasien tidak perlu repot datang ketempat dokter yang jauh cukup dengan mengirimkan data medisnya melalui internet.

Kemudian alasan lain menggunakan cloud computing pada bidang kedokteran adalah mahalnya biaya kesehatan. Mungkin cloud computing disini tidak begitu berpengaruh besar dalam segi biaya. Tapi dengan adanya cloud computing pasien bisa mengurangi dana untuk biaya kendaraan menuju kedokter, menghindari kemacetan, membuat waktu menjadi lebih efektif.

arsitektur konseptual Cloud Computing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar